Sabtu, 22 Maret 2008

Pengalamanku

Usia 11-22 tahun adalah dimana manusia sedang dalam tahap perkembangan yaitu remaja. Pada rentang usia itu, akan banyak terjadi perubahan pada fisik manusia. Perubahan fisik itu diantaranya:

  1. Pertumbuhan tulang tulang (badan menjadi tinggi, anggota-anggota badan menjadi panjang).
  2. Pertumbuhan payudara
  3. Tumbuh bulu yang halus dan lurus berwarana gelap di kemaluan
  4. Mencapai ketinggian badan yang maksimal setiap tahunnya
  5. Bulu kemaluan menjadi keriting
  6. Haid / menstruasi
  7. Tumbuh bulu-bulu ketiak

Karena perubahan fisik itu mereka menjadi kurang percaya diri. Begitu juga dengan saya. Pada waktu kelas dua SMP saya mengalami menstruasi untuk yang pertama kalinya dan terjadi perubahan pada tubuh saya. Saat itu saya tidak berani bercerita kepada orang lain karena malu dan takut mereka akan menggoda saya.

Namun, seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa perubahan fisik tersebut adalah sesuatu yang normal yang menandakan saya menjadi remaja.

Itulah sedikit pengalaman ketidakpercayadirian saya ketika saya menginjak usia remaja.

Tidak ada komentar: